5 Kiat Belanja Lebih Sehat

5 Kiat Belanja Lebih Sehat
Berbelanja stok kebutuhan bulanan memang menjadi salah satu agenda masyarakat di akhir pekan. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - Kegiatan belanja bulanan, khususnya membeli berbagai kebutuhan makanan, merupakan salah satu hal yang mengasyikkan. Saking asyiknya, terkadang Anda tak terlalu memedulikan kandungan gizi pada makanan yang dibeli di supermarket.

Asalkan kemasannya menarik, terlihat lezat, dan harganya murah, Anda bisa dengan mudah memasukkannya ke dalam keranjang belanja.

Padahal seperti kata sebuah pepatah, Anda adalah apa yang Anda makan. Jadi sudah sepatutnya Anda lebih memperhatikan segala makanan yang Anda beli dan konsumsi demi kesehatan.

Lagi pula, kebiasaan makan sehat di keluarga akan menurun pada anak ketika mereka dewasa kelak. Oleh karena itu, Anda bisa menerapkan lima tips berbelanja yang sehat berikut yang dilansir Reader’s Digest.

1. Jangan malas baca komposisi

Ketika Anda menemukan makanan kemasan di supermarket dengan daftar bahan yang panjang di labelnya, kembalikanlah ke rak. Carilah makanan kemasan yang memiliki komposisi lebih sederhana.

Biasanya, semakin banyak daftar bahan yang dicantumkan, semakin banyak pula jenis gula dan zat aditif kimia yang ditambahkan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan tampilan, rasa, atau umur simpan makanan itu.

Mulai sekarang, periksalah komposisi makanan. Marion Nestle, Profesor Nutrisi dari New York University, mengatakan, sebagian besar makanan berkomposisi sederhana memang memiliki kualitas gizi dan keamanan yang lebih baik.

Hati-hatilah dalam berbelanja kebutuhan makanan sehari-hari di supermarket. Ini kiat yang bisa Anda lakukan agar belanja lebih sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News