5 Kiat Cegah Cedera Saat Zumba

5 Kiat Cegah Cedera Saat Zumba
Anak-anak sedang melakukan senam zumba. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com - Ketika mendengar kata Zumba, Anda pasti langsung membayangkan menari seru ketimbang olahraga. Ya, kan? Itulah daya tarik senam kebugaran ini. Tak heran bila Zumba menarik minat banyak orang sedenter yang masih awam dengan olahraga.

Meski demikian, seperti olahraga lainnya, Anda perlu mempersiapkan diri sebelum Zumba karena aktivitas fisik ini dapat mencederai jika Anda tak berhati-hati.

Keseleo pergelangan kaki, cedera hamstring, kejang otot, dan cedera betis adalah empat cedera terkait Zumba yang paling umum terjadi, menurut Luke Bongiorno, seorang ahli terapi fisik di New York Sports Med.

“Pemanasan singkat dan gerakan lateral saat Zumba dapat membuat tubuh Anda tidak stabil,” kata Bongiorno kepada New York Times.

Agar latihan Zumba Anda bisa mendatangkan manfaat dan bebas cedera, ini hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan Zumba, seperti dilansir New York Times dan sumber lainnya:

1. Konsultasi dengan dokter

Dari luar, Zumba terlihat seperti olahraga yang ringan dan sepele. Padahal Zumba bersifat fast-paced, bisa membuat Anda berkeringat dan bahkan terengah-engah. Oleh karena itu, untuk kelompok orang tertentu, berkonsultasi dengan dokter adalah hal yang penting sebelum memutuskan untuk Zumba.

Bagi Anda yang sedang hamil, memiliki penyakit kardiovaskular mayor, penyakit metabolik, dan penyakit paru, Zumba tradisional mungkin bukan olahraga yang tepat.  Zumba Gold, versi yang lebih ringan dan didesain untuk paruh baya serta lansia, barangkali lebih aman untuk Anda. Jika Anda memiliki masalah pada lutut, pinggul, atau pergelangan kaki, diskusikan juga dengan dokter sebelum memulai kelas Zumba.

Yang penting, Anda harus nyaman dan tidak perlu terbawa atmosfer musik Zumba yang serba cepat agar tidak terjadi cedera.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News