JPNN.com

5 Kiat Persiapan Puasa Ramadan untuk Penderita Diabetes

Minggu, 05 Mei 2019 – 10:10 WIB 5 Kiat Persiapan Puasa Ramadan untuk Penderita Diabetes - JPNN.com
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com - Selain orang yang memiliki penyakit lambung, berpuasa juga menjadi tantangan tersendiri bagi penderita diabetes. Pasalnya, masalah gula darah yang dialami penderita diabetes bisa saja bergejolak di tengah-tengah waktu puasa ataupun saat berbuka.

Lantas, adakah cara agar penderita diabetes tetap bisa menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lancar?

Penderita diabetes tetap bisa berpuasa sebagaimana mestinya, asalkan menerapkan tips yang tepat, seperti yang disarankan oleh dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokterberikut ini:

1. Pantau kadar gula darah secara rutin

Penderita diabetes memang mesti “agak repot” jika ingin puasa berjalan dengan lancar dan kondisi tubuh tidak drop. Saat berpuasa, penderita diabetes disarankan untuk melakukan pengecekan gula darah beberapa kali dalam sehari, khususnya jika Anda menggunakan terapi insulin.

Semua penderita diabetes mellitus mesti paham bahwa mereka harus segera minum atau makan jika hipoglikemia terjadi. Ini adalah kondisi saat kadar gula darah di bawah 60 mg/dL.

2. Perhatikan kebutuhan gizi di waktu tertentu

Penderita diabetes mesti minum air putih lebih banyak saat waktu buka puasa tiba. Namun, hindari minuman yang terlalu manis, seperti beragam jenis es yang biasanya hadir di meja makan saat bedug magrib tiba.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy