5 Langkah Mudah Membuat Konten Podcast

5 Langkah Mudah Membuat Konten Podcast
Ilustrasi podcast. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Siaran audio melalui podcast, akhir-akhir ini menjadi salah satu tren, sebagai media penyampaian dalam membahas berbagai isu hangat, mulai dari politik sampai kesehatan.

Luvvie Ajayi, seorang kreator yang bekerja sama dengan Google Podcast, membagikan beberapa tips untuk mereka yang ingin membuat siaran audio.

Berikut tips membuat podcast dari Ajayi, dikutip dari blog resmi Google.

1. Tentukan siapa pendengar dan alasan peluncuran podcast
Tentukan mengapa membuat podcast dan buat rincian siapa yang akan mendengarkan podcast. Siapa dan kenapa dapat dijawab melalui pertanyaan-pertanyaan penting seperti "podcast saya tentang ...", "Anda akan mendengar tentang ..." dan "Anda harus dengar jika Anda ...".

2. Format
Setelah menentukan siapa yang akan mendengar siaran podcast pikirkan format acara yang akan dibawakan. Ajayi menyarankan mencari format acara yang fleksibel, misalnya segmen reguler dan segmen khusus ketika kedatangan bintang tamu.

3. Siapkan wawancara
Jika akan berbincang-bincang dengan bintang tamu di siaran, pelajari sebanyak mungkin tentang orang dan topik yang akan dibawakan. Jika memungkinkan, adakan wawancara sebelum siaran sehingga saat acara berlangsung, siaran podcast berisi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin belum pernah dibahas di media lain.

"Jangan takut keluar dari skenario, ikuti tamu dan rasa penasaran Anda, terkadang Anda akan dapat obrolan yang bagus," kata Ajayi.

4. Jadi diri sendiri
Ajayi menyarankan kreator menjadi diri sendiri saat siaran podcast agar lebih tersambung ke audiens mereka. Coba buat rekaman saat Anda bercerita ke teman, perhatikan bagaimana suara, gaya bicara Anda yang natural.

Luvvie Ajayi, kreator yang bekerja sama dengan Google Podcast, membagikan 5 langkah mudah membuat podcast atau siaran audio.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News