Selasa, 20 November 2018 – 12:36 WIB

5 Makanan ini Bisa Sebabkan Sakit Perut

Minggu, 13 Mei 2018 – 04:22 WIB
5 Makanan ini Bisa Sebabkan Sakit Perut - JPNN.COM

jpnn.com - Hampir setiap orang pernah mengalami sakit perut dalam hidupnya. Keadaan yang sangat menganggu ini bisa terjadi akibat banyak faktor, salah satunya makanan yang dikonsumsi.

Tak dimungkiri, apa yang masuk ke perut memang turut memengaruhi cara kerja berbagai sel di dalam tubuh. Jika makanan yang masuk dirasa kurang tepat, bukan tak mungkin perut akan menolaknya dengan melontarkan sensasi nyeri.

Terkait sakit perut, dr. Reza Fahlevi mengatakan bahwa keadaan tersebut adalah alarm tubuh atas kondisi yang sedang Anda alami.

“Biasanya sakit perut muncul ketika ada infeksi virus atau Anda mengonsumsi sesuatu yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih dan mengiritasi saluran cerna. Misalnya, makanan yang terlalu asam, terlalu pedas, berlemak, kafein, nikotin, atau alkohol,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dr. Reza menuturkan bahwa kadar hormon stres dalam tubuh akan meningkat dan salah satu dampaknya adalah gangguan pada saluran cerna. Hal inilah yang kemudian bisa memicu peningkatan asam lambung dan sakit perut.

Makanan pencetus sakit perut

Tak melulu menjadi masalah sepele, sakit perut juga dapat menjadi gejala dari gangguan usus kronis alias Irritable Bowel Syndrome (IBS). Pada kasus ini, sakit perut biasanya datang bersama diare, sembelit, perut terasa begah dan sering beserdawa.

Penderita sakit perut akibat IBS tak boleh sembarang mengonsumsi makanan. Berikut 5 makanan yang wajib dihindari:

SHARES
TAGS   Sakit Perut
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar