Jumat, 26 April 2019 – 17:27 WIB

5 Makanan Ini Lebih Tinggi Kandungan Proteinnya Dibanding Daging Sapi

Senin, 21 Januari 2019 – 12:54 WIB
5 Makanan Ini Lebih Tinggi Kandungan Proteinnya Dibanding Daging Sapi - JPNN.COM

Ilustrasi daging sapi. Foto: JPNN

jpnn.com - Protein adalah sumber gizi bagi tubuh yang penting untuk memacu tubuh berkembang, tumbuh dan berfungsi dengan baik. Selain itu, protein mampu berperan dalam pembentukan dan perbaikan sel dan jaringan, hingga membantu proses penyembuhan luka.

Setiap orang memiliki kadar kebutuhan protein berbeda. Namun setidaknya, Anda harus mencukupi kebutuhan protein sekitar 0,8 gram per kilogram berat badan setiap hari. Sementara bagi yang ingin membesarkan otot, Anda butuh 1,2 hingga 1,7 gram protein per kilogram berat badan.

Selama ini, daging sapi kerap diidentikkan sebagai sumber makanan kaya protein. Padahal, beberapa makanan lain memiliki manfaat yang sama dan cocok dikonsumsi jika Anda sedang mengurangi konsumsi daging.

Berikut ini makanan yang memiliki kandungan tinggi protein yang bisa bersaing dengan daging sapi:

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Konsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian dapat menjadi solusi protein tinggi selain daging sapi. Selain itu, Anda bisa mendapatkan manfaat lain, seperti lemak sehat, vitamin, serta mineral. Secara garis besar, bahan makanan tersebut merupakan bentuk sumber protein dan lemak esensial yang mudah dikonsumsi.

“Kacang-kacangan mengandung protein lebih banyak dibandingkan sayuran lainnya. Bonusnya, Anda juga akan mendapatkan asupan serat,” ujar dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Kacang almon, mede, biji chia, dan rami adalah sumber makanan yang kaya protein. Sebanyak 30 gram almon mengandung sekitar 6 gram protein. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan protein dari kacang polong yang mengandung 7,9 gram protein dalam satu gelas.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar