JPNN.com

5 Makanan ini Menyebabkan Gigi Rusak

Senin, 23 September 2019 – 09:51 WIB 5 Makanan ini Menyebabkan Gigi Rusak - JPNN.com
Makanan manis. Foto beats1/Shutterstock

jpnn.com - Gigi yang sehat bisa menunjang penampilan dan percaya diri Anda. Namun, ada saja masalah yang menyebabkan gigi jadi rusak dan tampak tidak sehat. Salah satunya adalah sering mengonsumsi makanan yang menyebabkan gigi rusak.

Terlebih lagi jika Anda tidak menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut. Seperti dijelaskan drg. Wienna Manggala dari KlikDokter, menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut wajib dilakukan oleh setiap orang.

“Menjaga kesehatan gigi dan mulut bisa dilakukan dengan menyikat gigi secara rutin minimal 2 kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss. Di samping itu, Anda juga wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi,” drg. Wienna mengingatkan.

Makanan penyebab gigi rusak

Meski rasanya enak dan menjadi kegemaran, Anda tampaknya harus menahan diri agar tidak sering-sering mengonsumsi makanan dan minuman di bawah ini:

1. Makanan tinggi gula

Tidak dapat dimungkiri, makanan manis memang kerap membuat Anda ketagihan. Namun, meski memiliki rasa yang enak, makanan manis bisa mengganggu kesehatan gigi. Ini karena kandungan gula yang ada di dalam makanan manis akan mengikat gusi dan memproduksi asam-yang bilamana asam bercampur dengan air liur, maka pembentukan plak tidak bisa dihindari lagi.

Selain mengganggu kesehatan gigi, mengonsumsi makanan manis juga tidak baik untuk kesehatan tubuh karena dapat memicu timbulnya diabetes. Untuk itu, kurangi asupan manis harian dan ganti dengan asupan manis alami seperti buah. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...