5 Manfaat Buah Pisang bagi Anda yang Hobi Lari

5 Manfaat Buah Pisang bagi Anda yang Hobi Lari
Athiwara Khongmalai melakukan lari maraton demi tujuan mulia. Foto: The Nation

jpnn.com - Konsumsi buah sangat dianjurkan sebagai penyeimbang asupan tubuh. Segudang manfaat bisa Anda dapatkan dari konsumsi buah-buahan secara langsung, khususnya pisang yang mengandung gizi tinggi. Tak heran, setiap perhelatan kompetisi lari selalu tersedia buah pisang sebagai asupan energi bagi para pelari.

Kalium dalam pisang

Buah pisang yang berasal dari tanaman suku Musaceae merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium. Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, kandungan kalium dalam pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

Semakin tinggi kadar kalium pada makanan yang dikonsumsi, risiko Anda terkena serangan jantung dan stroke semakin rendah, karena kalium mengimbangi peran sodium dalam tubuh.

“Pisang juga baik untuk orang yang sedang stres. Sebab ketika stres, metabolisme tubuh meningkat drastis hingga mengurangi kadar kalium. Dengan makan pisang, kadar kalium akan kembali seimbang,” ujarnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan American College of Cardiology menjelaskan bahwa asupan kalium harian yang ideal sebesar 1.600mg atau kurang dari separuh jumlah kalium harian untuk dewasa, yakni 3.500mg. Jumlah tersebut cukup untuk menurunkan lebih dari seperlima risiko stroke.

Manfaat buah pisang

Bagi Anda yang memiliki hobi lari, pisang juga dapat memberikan kontribusi secara signifikan. Dilansir dari Runnersworld, manfaat tersebut antara lain:

Dengan makan pisang, kadar kalium akan kembali seimbang. Bakteri tersebut juga bisa meningkatkan ketangkasan tubuh.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News