JPNN.com

5 Manfaat Sehat Bersepeda

Selasa, 04 Juni 2019 – 04:16 WIB 5 Manfaat Sehat Bersepeda - JPNN.com

jpnn.com - Setiap 3 Juni diperingati sebagai World Bicycle Day atau Hari Bersepeda Sedunia. Pencanangan tersebut ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai berbagai manfaat bersepeda. Berbagai kampanye digelar untuk mendukung penggunaan sepeda untuk meningkatkan aktivitas fisik, menunjang kesehatan, mencegah penyakit, dan meningkatkan budaya kekeluargaan.

Sepeda memang punya keunggulan tersendiri dibandingkan transportasi lainnya yang lebih modern dan berbasis mesin. Alat transportasi yang dijalankan dengan cara dikayuh ini dikenal sederhana, terjangkau, dan tidak menyebabkan polusi. Sepeda juga dapat menjadi salah satu pilihan yang ideal untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Selain itu, sepeda juga merupakan salah satu simbol moda transportasi yang ramah lingkungan dan berdampak positif pada iklim dan cuaca. Sinergi antara sepeda dan penggunanya juga membangun kreativitas.

Pengguna sepeda juga akan lebih mudah terlibat dalam interaksi sosial di sekitarnya. Berbeda dengan mobil yang memiliki kaca tertutup, pengguna sepeda tidak punya penghalang dengan dunia luar.

Bersepeda, olahraga yang ideal

Selain untuk transportasi, sepeda juga ideal sebagai salah satu pilihan sehat berolahraga. Mengapa demikian? Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Olahraga low impact

Bersepeda adalah salah satu jenis aktivitas olahraga low impact. Karena itu, bersepeda memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menyebabkan cedera atau permasalahan pada otot dan sendi dibandingkan olahraga lainnya.

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...