Minggu, 24 Maret 2019 – 03:42 WIB

5 Penyebab Mengapa Anda Haus Terus

Senin, 14 Januari 2019 – 04:44 WIB
5 Penyebab Mengapa Anda Haus Terus - JPNN.COM

jpnn.com - Ketika Anda merasa haus, itu berarti Anda tidak minum cukup air. Mungkin karena baru saja melakukan olahraga atau beraktivitas di bawah matahari. Penting untuk segera mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda sebelum terserang dehidrasi. Tapi bagaimana jika rasa haus terus muncul, padahal Anda merasa cukup minum dan tidak melakukan aktivitas yang menguras tenaga?

Laura M. Hahn, MD, ahli kesehatan dari Mercy Medical Center di Baltimore, AS mengatakan, bahwa rasa haus yang berlebihan tidak dapat disepelekan. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab di balik rasa haus berlebihan itu. 

Ini adalah lima kondisi kesehatan yang bisa membuat seseorang sering haus, seperti dilansir berbagai sumber:

1. Diabetes

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, tubuh menekan ginjal untuk dapat memproduksi urine lebih banyak dari biasanya. Hal ini menyebabkan haus berlebih, namun di sisi lain intensitas buang air kecil jadi lebih tinggi.

“Pada diabetes mellitus, umumnya diikuti dengan sering lapar, sering berkemih di saat tidur, dan berat badan turun meskipun nafsu makan meningkat,” ujar dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter. Apabila Anda mengalami kondisi ini, segera hubungi dokter. Tak lupa, lakukan pemeriksaan yang melibatkan kadar glukosa dalam tubuh.

2. Mulut kering

Mulut kering, atau disebut sebagai xerostomia, sering disalahartikan sebagai rasa haus yang berlebihan. Padahal, gangguan mulut kering tidaklah normal karena terjadi pengurangan komposisi air liur yang ada di selaput mulut.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar