Apakah Aman Minum dari Botol Plastik?

Apakah Aman Minum dari Botol Plastik?
Ilustrasi botol plastik. Foto: Pixabay

jpnn.com - Air minum kemasan botol plastik biasanya jadi pilihan praktis saat berada di luar rumah dan cuaca panas. Namun, tanpa kita sadari, ada bahaya mengintai dari minuman berbotol plastik.

Seringkali minuman dalam botol plastik menjadi pilihan karena memberikan kesan simple dan praktis. Ada juga botol yang unik serta minimalis sehingga sering disimpan untuk digunakan kembali.

Namun, peneliti menyarankan lebih baik tidak minum dari botol air plastik karena bisa berpengaruh bagi kesehatan tubuh dan juga lingkungan.

Penelitian termasuk studi 2014 yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Pollution menunjukkan bahwa botol-botol air mungkin akan menjadi bahan kimia ketika disimpan pada suhu yang lebih tinggi - sesuatu yang diperdebatkan oleh industri.

Penelitian lain baru-baru ini membawa banyak perhatian pada apa yang disebut mikroplastik - atau potongan kecil plastik (biasanya menggambarkan partikel plastik di bawah 5 milimeter) - mencemari lingkungan dan dikonsumsi oleh orang-orang, tanpa pemahaman untuk apakah atau bagaimana mereka bisa memengaruhi kesehatan seseorang.

Tes yang dilakukan oleh Universitas Negeri New York di Fredonia sebagai bagian dari penyelidikan Orb Media menemukan bahwa sebagian besar - atau 93 persen - sampel air botol yang dievaluasi menunjukkan beberapa tanda kontaminasi dengan mikroplastik, meskipun hasil penelitian.

Para ahli mengatakan studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami implikasi temuan pada mikroplastik tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga untuk kesehatan manusia.

Sementara penelitian lanjutan diperlukan untuk menyelesaikan masalah, terutama di bidang mikroplastik, para ahli kesehatan mengatakan masih ada cara konsumen bisa menurunkan risiko mereka sehubungan dengan kekhawatiran lain yang telah dikemukakan tentang bahan kimia yang digunakan dalam beberapa plastik.

Seringkali minuman dalam botol plastik menjadi pilihan karena memberikan kesan simple dan praktis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News