JPNN.com

5 Peristiwa Politik Terhangat 2019: Demo Rusuh di Senayan Hingga Prabowo jadi Menhan

Minggu, 22 Desember 2019 – 05:45 WIB 5 Peristiwa Politik Terhangat 2019: Demo Rusuh di Senayan Hingga Prabowo jadi Menhan - JPNN.com
Massa pelajar STM saat aksi unjuk rasa alias demo menolak RKUHP di Pintu Masuk Pejalan Kaki Gedung DPR, Jakarta, Rabu (25/9). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tahun politik, begitulah sejumlah kalangan mengistilahkan 2019 ini, akan segera berlalu. Tahun ini demokrasi Indonesia menciptakan sejarah. Untuk pertama kalinya, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden digelar serentak. Berbagai momen politik tercipta sepanjang 2019. Baik itu di parlemen maupun di luar. Suhu politik yang memanas mewarnai proses pileg, terlebih lagi pilpres. Di luar itu, pemilu serentak juga menyisakan pilu. Sejumlah petugas penyelenggara pemilu meninggal dunia.

Partai politik, terutama PDI Perjuangan juga menciptakan sejarah karena berhasil meraih kemenangan secara beruntun di pemilu. Partai besutan Megawati Soekarnoputri itu juga menciptakan sejarah lain dengan mengantarkan Puan Maharani, perempuan pertama yang menjadi ketua DPR.

Tidak hanya itu, Prabowo Subianto yang dua kali berhadapan dengan Joko Widodo di pilpres kembali menelan kekalahan. Beda dengan pertarungan pertama 2014 lalu, di kompetisi kedua pada 2019 ini, Prabowo memilih bergabung dengan Jokowi dan didaulat menjadi menteri pertahanan.

Aksi demonstrasi juga marak menjelang pengesahan sejumlah undang-undang dan berakhirnya masa jabatan DPR 2014-2019. Ada pula demonstrasi yang berakhir ricuh.

Berikut lima peristiwa politik yang menjadi sorotan publik sepanjang 2019 versi jpnn.com:

Pertama, Pemilu Merenggut Korban Jiwa

Kegembiraan dalam pesta demokrasi, diwarnai fenomena kesedihan dan duka yang menyayat hati secara mendalam. Pelaksanaan demokrasi menelan korban jiwa.

Ratusan petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) meninggal dunia karena berbagai faktor, salah satunya diduga akibat kelelahan. Petugas Panwaslu dan Polri juga tidak sedikit yang meninggal dunia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...