JPNN.com

Tips Otomotif

5 Poin Pengecekan di Motor Sebelum Mudik

Jumat, 08 Juni 2018 – 14:26 WIB 5 Poin Pengecekan di Motor Sebelum Mudik - JPNN.com

Menjaga masa libur lebaran tetap nyaman, selayaknya memerhatikan kondisi kendaraan pribadi salah satunya sepeda motor yang akan menjadi transportasi favorit jarak pendek.

Setidaknya ada lima hal secara umum yang perlu diperhatikan kesiapan kondisinya, berikut rekomendasi dari Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno.

1. Ban
Perhatikan kondisi ban motor dalam keadaan tidak habis/haus sehingga dapat memiliki cengkraman yang optimal saat pengereman, terutama dalam kondisi hujan.

Pastikan batas maksimal ban masih aman dengan ketebalan pola tapak ban yang masih dapat digunakan. “Untuk lebih aman, gantilah ban sebelum melewati batas maksimal ban motor,” ujar Endro Sutarno selaku Technical Training AHH.

Agar lebih mudah, gunakankan Tread sebagai indakator tingkat kehausan ban yang terletak di tengah ulir ban. Posisi Tread dapat dilihat dari segitiga Tread Wear Indicator (TWI) yang biasanya terdapat di sisi dinding ban.

Pastikan ukuran ban dan tekanan angin sudah sesuai standar pabrikan.

2. Sistem Pengereman
Perhatikan tingkat keausan kampas rem. Hal ini dapat dilihat dengan ciri minimal ketebalan kurang dari 2 mm. Cek minyak rem dalam kondisi sesuai batas ukur terutama yang sudah memiliki jangka waktu lebih dari 2 tahun.

“Jika tuas rem terlalu keras atau terlalu dalam, segeralah melakukan perbaikan ke bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) terdekat,” lanjut Endro.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...