5 Politeknik Ini Rekrut Calon Dosen dari Dunia Industri

5 Politeknik Ini Rekrut Calon Dosen dari Dunia Industri
Menristekdikti Mohamad Nasir (tengah) di kantornya, Jakarta, Rabu (20/9).Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Lima politeknik telah merekrut calon dosen dari dunia industri melalui mekanismie Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Kelima politeknik tersebut adalah Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

"Kelima politeknik ini telah mendaftarkan sejumlah calon dosen dari praktisi ahli dari industri untuk disetarakan dengan kualifikasi level delapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) melalui mekanisme RPL," kata Menristekdikti Mohamad Nasir di kantornya, Jakarta, Rabu (20/9).

Kemenristekdikti, lanjutnya, siap memfasilitasi Politeknik lain yang akan merekrut dosen dari Industri melalui RPL. Hal ini sebagai bagian dari upaya pemerintah dalam mengembangkan pendidikan vokasi.

"Saat ini implementasi RPL pada program revitalisasi politeknik menjadi salah satu prioritas Kemenristekdikti," ujarnya.

RPL akan menjadi salah satu solusi bagi Perguruan Tinggi yang kekurangan dosen pada bidang tertentu dengan cara merekrut praktisi ahli yang belum mempunyai kualifikasi magister melalui RPL.

Melalui proses RPL kecukupan dosen atau profesi lain seperti guru, tenaga kesehatan, bisa difasilitasi oleh negara dan para pemangku kepentingan.

Untuk memandu proses penyelenggaraan RPL telah disiapkan Keputusan Dirjen Belmawa nomor 123/B/SK/2017 yang dapat diunduh melalui lamanhttp://belmawa.ristekdikti.go.id/2017/04/05/pedoman-tata-cara-penyelengaaraan-rekognisi-pembelajaran-lampau. (esy/jpnn)

Kelima politeknik ini telah mendaftarkan sejumlah calon dosen dari praktisi ahli dari dunia industri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News