5 Ribu Detonator Asal Malaysia Disita

5 Ribu Detonator Asal Malaysia Disita
Hasnah Ummareng Junaid, pedagang asal Bone. Perempuan berusia 46 tahun ini tertangkap tangan membawa detonator tersebut yang disimpan dalam 50 dus. Sementara, sabu-sabu disembunyikan di pakaian dalamnya. Foto: Parepare Pos/JPNN.com

jpnn.com - PAREPARE - Aparat Kepolisian Parepare menyita 5 ribu butir detonator dan 50 gram sabu-sabu di atas KM Talia, Jumat (3/1). Detonator dan sabu-sabu itu disita dari seorang penumpang yang baru tiba dari Tawau, Malaysia.

Penumpang yang menjadi pemilik detonator dan sabu-sabu itu bernama Hasnah Ummareng Junaid, pedagang asal Bone. Perempuan berusia 46 tahun ini  tertangkap tangan membawa detonator tersebut yang disimpan dalam 50 dus. Sementara, sabu-sabu disembunyikan di pakaian dalamnya.            

Hasnah mengaku hanya disuruh membawa detonator dan sabu-sabu tersebut ke Enrekang. "Saya tidak tahu pak. Saya hanya di suruh bawa ini barang ke Enrekang karena katanya mau dijadikan bahan peledak ikan," ujarnya di hadapan penyidik Polsek Pelabuhan Parepare kemarin.

Hasnah yang melakukan perjalanan dari Tawau, Malaysia menuju Sulawesi Selatan, Parepare via Nunukan ini tak lain ingin menjual barang dagangan campuran miliknya. Namun sesampainya di Pelabuhan Nusantara, Parepare pihak pelabuhan dan polisi mencurigai perempuan yang mengenakan jilbab cokelat ini.

Kepada petugas, Hasnah mengaku mendapatkan detonator tersebut dari rekannya bernama Ali, untuk selanjutnya diserahkan pada pria yang disebut-sebut bernama Gondrong, warga Benteng, Pattiro Bajo, Bone.

"Saya tidak tahu barang apa itu. Saya hanya menerima titipan dari Ali untuk diserahkan pada La Gondrong," katanya.

Hasnah mengaku dari titipan tersebut dia mendapatkan imbalan uang sebesar 200 Ringgit Malaysia (RM) atau sekira Rp 6 Juta. Dari proses penggeledahan itu, polisi berhasil menemukan barang bukti 50 dus detonator masing-masing berisi 100 butir dengan jumlah 5.000 butir dan 50 gram sabu-sabu.

Kapolsek Pelabuhan Nusantara, AKP Galang Saputro mengatakan dari penemuan ini pihaknya akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut apakah barang bukti merupakan salah satu sindikat narkoba atau ada modus lain.

PAREPARE - Aparat Kepolisian Parepare menyita 5 ribu butir detonator dan 50 gram sabu-sabu di atas KM Talia, Jumat (3/1). Detonator dan sabu-sabu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News