5 Syarat Calon Jaksa Agung Versi Guru Besar UI

5 Syarat Calon Jaksa Agung Versi Guru Besar UI
5 Syarat Calon Jaksa Agung Versi Guru Besar UI. Foto Ist

jpnn.com - JAKARTA - Guru Besar Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia (UI), Bambang Widodo Umar tak mempersoalkan asal dari Jaksa Agung yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya, pertentangan dari internal maupun ekternal tak perlu dipersoalkan yang penting memenuhi lima unsur.

Yang pertama menurut Bambang adalah calon Jaksa Agung harus punya integritas moral yang tinggi. “Mantan Jaksa sekalipun harus memiliki integritas,” tegasnya.

Kedua, Jaksa Agung harus memiliki rekam jejak yang bersih. Tidak pernah melakukan tindak pidana korupsi. “Harus bersih. Tidak pernah memiliki catatan buruk dalam pelanggaran/dugaan kasus tindak pidana korupsi atau pemerasan,” ujar Guru Besar Sosiologi Hukum Departemen Kriminologi FISIP UI ini.

Ketiga, di samping menguasai hukum pidana, kata Bambang, juga memahami karakter organisasi di Kejaksaan Agung. Kriteria yang keempat, tidak mudah terpengaruh oleh intervensi politik. Karena posisi Jaksa Agung di bawah Presiden.

“Meskipun Kejaksaan Agung merupakan lembaga negara, tapi karena posisinya berada di bawah Presiden akan sulit menjadi independen,” katannya.

Kelima adalah sungguh-sungguh melanjutkan agenda reformasi di lingkungan Kejaksaan Agung sesuai dengan visi dan misi Presiden Joko Widodo yang bisa melakukan Revolusi Mental di dalam organisasi Kejaksaan Agung, imbuhnya.

Saat ini muncul sejumlah nama calon Jaksa Agung. Di antaranya, nama mantan Ketua KPK Taufiqurahman Ruki, lalu Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus), Widyo Pramono dan HM Prasetyo (mantan Jampidum Kejagung) yang diusung Partai Nasdem.

Selain itu, juga mengapung nama Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) M Yusuf, mantan Kepala PPATK Yunus Husein, dan Deputi UKP4 Mas Achmad Santosa. (fas/jpnn)


JAKARTA - Guru Besar Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia (UI), Bambang Widodo Umar tak mempersoalkan asal dari Jaksa Agung yang akan dipilih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News