5 Tahun Lagi, Perjalanan Padang-Pekanbaru Cuma 3 jam

5 Tahun Lagi, Perjalanan Padang-Pekanbaru Cuma 3 jam
Proyek pembangunan jalan tol. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PADANG - Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking Jalan Tol Padang-Pekanbaru Tahap I Padang-Sicicin, di Kota Padang, Jumat (9/2) kemarin.

Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas utama pemerintah, karena ingin mengejar ketertinggalan, serta menekan biaya transportasi.

"Dengan infrastruktur inilah biaya transportasi dan biaya logistik akan jauh lebih murah," ucap Jokowi.

Selain melakukan groundbreaking jalan Tol Padang-Pekanbaru, Jokowi juga meresmikan Padang Bypass Capacity Expansion Project di Jln. Padang Bypass Km. 25, Kota Padang.

Jokowi mengatakan biaya logistik di tanah air lebih mahal dua kali lipat dibandingkan Malaysia, bahkan dengan Singapura bisa tiga kali lipat lebih mahal.

"Bagaimana produk-produk negara kita bisa bersaing kalau biaya transportasi, biaya logistik dua kali sampai tiga kali lipat lebih mahal dari negara lain," katanya.

Dimulainya pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru sepanjang 244 km dengan investasi sebesar Rp 78 triliun, diyakini bisa menekan biaya logistik. Terlebih lagi saat ini jarak Padang ke Pekanbaru memakan waktu kira-kira 9 jam.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini memperkirakan setelah pembangunan jalan tol ini tuntas pada 2023 dengan waktu tempuh Padang-Pekanbaru menjadi lebih singkat, cuman 2,5 sampai 3 jam.

Jokowi memperkirakan setelah pembangunan jalan tol ini bisa rampung pada 2023 dengan waktu tempuh Padang-Pekanbaru menjadi lebih singkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News