Jumat, 20 Oktober 2017 – 21:21 WIB

50 Tahun Berkuasa, Sultan Brunei Gelar Pesta Sebulan Penuh

Jumat, 06 Oktober 2017 – 11:52 WIB
50 Tahun Berkuasa, Sultan Brunei Gelar Pesta Sebulan Penuh - JPNN.COM

jpnn.com, BANDAR SERI BEGAWAN - Sekitar 80 ribu penduduk Brunei Darussalam menyambut iring-iringan kereta yang dinaiki Sultan Hassanal Bolkiah dan istrinya, Raja Isteri Pengiran Anak Hajah Saleha, Kamis (5/10).

Hari itu, sultan ke-29 Brunei Darussalam tersebut tepat bertakhta selama 50 tahun. Dia menandainya dengan menyapa warga. Hampir seluruh penduduk mengarahkan kamera telepon genggam begitu kereta sang sultan lewat.

’’Saya tidak sabar menunggu Sultan. Dia telah menjadi pemimpin kami selama 50 tahun dan saya sangat senang bisa di sini serta menjadi bagian dari sejarah,’’ ujar Mohamad Zaidil Hayat Abdullah yang datang bersama anak dan istrinya.

Iring-iringan kereta itu dipimpin band militer. Mereka berangkat dari Istana Nurul Iman. Parade itu hanyalah awal dari perayaan yang rencananya berlangsung selama sebulan penuh.

Hari ini rencananya kerajaan menggelar perjamuan untuk para pemimpin negara-negara sekitarnya di istana negara. Di antaranya, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, Pangeran Edward dari Inggris, Pangeran Hashim bin Al Hussein dari Jordania, dan Yang di-Pertuan Agong Sultan Muhammad V dari Malaysia.

Selain itu, ada pembukaan taman kota dan berbagai hal lainnya. ’’Tugas Sultan adalah bersikap adil terhadap rakyatnya, dan tugas rakyat adalah setia terhadap Sultan-nya,’’ ujar Sultan yang bertakhta sejak 5 Oktober 1967 dalam pidatonya kemarin.

Selama ini Sultan sangat populer di mata rakyatnya. Sebagian besar penduduk Brunei Darussalam sangat mencintai pemimpin 71 tahun tersebut. Mereka mengelu-elukannya sebagai pemimpin yang paling bijaksana dan merakyat.

Sultan Hassanal Bolkiah biasa salat Jumat bersama penduduk dan mereka bisa dengan mudah berjabat tangan dengannya. Jika ada komplain, penduduk juga bisa menyerahkan surat secara langsung kepadanya.

Sumber : Jawa Pos
SHARES
loading...
loading...
Komentar