55 Ribu Warga Bekasi Tanpa Pekerjaan

55 Ribu Warga Bekasi Tanpa Pekerjaan
Lowongan pekerjaan. Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, BEKASI - Ribuan orang di Kota Bekasi masih belum mendapat pekerjaan. Totalnya mencapai 55.724 orang yang menganggur. Pemicunya, mereka kebanyakan karena terkena pemutus hubungan kerja (PHK) maupun yang belum mendapat pekerjaan sama sekali.

”Kendala kita karena kebutuhan perusahaan di Kota Bekasi masih minim untuk membuka lowongan baru,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sudirman, kepada INDOPOS, Selasa (14/3) kemarin.

Sudirman menambahkan, berdasarkan data kesempatan bekerja sejak 2013 sampai akhir 2016 tercatat ada 117.659 pencari kerja. Namun, mereka yang sudah bekerja sampai sekarang totalnya baru mencapai 61.935 orang.

“Jadi masih ada 55.724 orang yang belum mendapatkan pekerjaan,” ujarnya.

Mereka yang belum bekerja itu, kata Sudirman, ada yang terkena PHK dan ada juga yang karena belum sama sekali bekerja. Pemda akan melakukan kerjasama dengan pihak perusahaan dalam membuka job fair.

“Karena dengan job fair bisa mempertemukan antara perusahaan dengan pencari kerja,” imbuhnya.

Namun, warga belum mendapat pekerjaan sejak lulus sekolah, kata Sudirman, pihaknya juga akan membuat pelatihan-pelatihan ketenagakerjaan.

“Karena banyak orang yang pintar tapi kekurangan biaya, jadi mereka memilih bekerja. Hanya saja tidak ada kesempatan,” ujarnya.

Ribuan orang di Kota Bekasi masih belum mendapat pekerjaan. Totalnya mencapai 55.724 orang yang menganggur. Pemicunya, mereka kebanyakan karena terkena

Sumber Indopos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News