5.890 Surat Suara Ditemukan Rusak

5.890 Surat Suara Ditemukan Rusak
5.890 Surat Suara Ditemukan Rusak

jpnn.com - SUBANG - Di hari pertama penyortiran dan pelipatan surat suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang, ditemukan 5.890 surat suara yang rusak.

Menurut Ketua KPU Maman Suparman, penyortiran hari pertama berhasil melipat 324.310 lembar. Surat suara yang dalam kondisi bagus ada 318.420 yang sudah dilipat.

"Kerusakan berupa pemotongan lembaran yang tidak sesuai, ada noda tinta di bagian nomor calon legislatif, warna tulisan tidak jelas dan lainnya," kata Maman saat meninjau pelipatan surat suara, Sein (3/3).

Menurut dia, surat suara yang rusak akan dipak kemudian akan dilaporkan ke pusat agar bisa memberikan gantinya. KPU menugaskan petugas penyortir dan pelipat suara 733 orang, terdiri dari 22 kelompok dan 5 orang ketua tim. Pengerjaanya diawasi staf KPU, pihak kepolisian dan Satpol PP.

"Mengapa dikelompokan, nanti memiliki tugas masing-masing sehingga keamanannya bisa dipertanggung jawabkan, untuk sekarang yang dilipat baru, DPRD, DPRD provinsi dan DPR RI, sedangkan surat suara DPD belum kita terima," ungkapnya.

Untuk hari kedua ini, diungkapkan maman ada penambahan dua kelompok sehingga jumlah keseluran lebih dari 800 orang. Hntuk honor perlembar 100 rupiah ditambah biaya makan dan minum. (ded/man)


SUBANG - Di hari pertama penyortiran dan pelipatan surat suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang, ditemukan 5.890 surat suara yang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News