6 Calon Jemaah Haji Jawa Barat Gagal Berangkat

6 Calon Jemaah Haji Jawa Barat Gagal Berangkat
Jemaah haji Indonesia. Foto: dok. JawaPos

jpnn.com, JAWA BARAT - Pemberangkatan jemaah calon haji asal Jawa Barat tahun ini dari Asrama Haji Bekasi, memasuki hari kedelapan. Sudah 23 kloter yang diberangkatkan.

Selama proses pemberangkatan berlangsung, beberapa JCH yang masuk ke Asrama Haji Bekasi ada yang mengeluhkan kesehatannya, dan beberapa di antaranya ada yang mengalami gangguan kesehatan serius sehingga harus dirawat.

“Dari awal kloter 1 sampai hari ini kami sudah menerima JCH yang mengeluhkan kesehatannya, dan memang di antara mereka ada yang dengan status risiko tinggi,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Buchori, Rabu (25/7).

Jemaah calon haji yang gagal berangkat tahun ini berjumlah enam orang. Rinciannya, dua dari Garut, dua dari Cirebon, satu dari Bogor, dan satu dari Subang.

Semua karena alasan kesehatan, yang jika dipaksakan berangkat akan berisiko dan membahayakan diri sendiri dan jemaah lain.

“Penyakitnya beragam, itu dokter yang tahu. Tapi ada satu calon jemaah yang memang penyakitnya bisa dikatakan bukan hanya berisiko untuk dirinya, tapi bisa mengganggu calon jemaah lain,” ungkap Buchori.

“Seperti aromanya sudah cukup luar biasa, lalu juga ada yang hilang ingatan atau linglung, kategorinya sudah pikun. Yang lainnya sakit yang memang sulit untuk diberangkatkan. Itu data sampai hari ini,” sambungnya.

Dia mengatakan, keberangkatan mereka ditunda dahulu sampai mereka sembuh.

Selama proses pemberangkatan berlangsung, beberapa JCH yang masuk ke Asrama Haji Bekasi ada yang mengeluhkan kesehatannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News