6 Cara Alami Cegah Osteoporosis

6 Cara Alami Cegah Osteoporosis
Ilustrasi Tidur. FOTO : pixabay

jpnn.com - Osteoporosis merupakan kondisi terjadinya penurunan kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di “Journal of Bone and Mineral Research” pada 2014, osteoporosis umum terjadi pada 10 persen dewasa di atas 50 tahun. Meski begitu, penyakit degeneratif ini bisa menyerang siapa saja, usia berapa pun, mulai dari dewasa muda hingga lanjut usia.

Mengutip dari National Institute of Aging dari Departemen Kesehatan dan Layanan Masyarakat Amerika Serikat, mereka yang rentan terkena osteoporosis adalah sebagai berikut:

Adanya riwayat keluarga yang mengalami patah tulang atau osteoporosis
Mengalami patah tulang di atas usia 50 tahun
Wanita yang pernah melakukan operasi pengangkatan ovarium sebelum menopause
Wanita yang mengalami menopause dini
Kekurangan kalsium dan/atau vitamin D sepanjang hidupnya
Kurang atau tidak aktif secara fisik
Kebiasaan merokok, karena aktivitas ini menghambat penyerapan kalsium
Konsumsi obat-obatan tertentu, termasuk pengobatan untuk artritis, asma, dan beberapa obat kanker
Konsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang
Postur tubuh kurus atau kecil

Ditambahkan oleh dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, mereka yang rentan terkena penyakit ini adalah jenis kelamin wanita serta etnis Asia dan kaukasoid (kulit putih).

Meski ada banyak faktor risiko yang bisa sebabkan seseorang lebih rentan terkena osteoporosis, tapi bukan berarti penyakit ini tak bisa dicegah. Hal-hal yang Anda lakukan setiap harinya bisa menjadi strategi Anda untuk membangun dan memperkuat massa tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis di masa mendatang.

1.Latihan kekuatan tulang.

Jadikan latihan fisik sebagai salah satu strategi Anda dalam mencegah osteoporosis. Seperti halnya otot, tulang Anda akan lebih kuat jika Anda aktif secara fisik. Latihan beban adalah olahraga terbaik untuk kekuatan tulang. Latihan ini akan memaksa tubuh bergerak melawan gravitasi saat bergerak, yang mana ini dapat mendorong tubuh membuat sel-sel tulang baru.

Dikatakan oleh dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, olahraga yang bisa Anda andalkan untuk mencegah osteoporosis adalah weight-bearing. “Misalnya lari, jalan cepat, basket, bulu tangkis, yoga, menari, naik turun tangga, taici, lompat tali, dan tenis. Paling tidak Anda harus berolahraga 3–4 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 40 menit per sesi,” jabarnya.

Meski begitu, penyakit degeneratif ini bisa menyerang siapa saja, usia berapa pun, mulai dari dewasa muda hingga lanjut usia.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News