Kaleidoskop 2023

6 Film Indonesia Tembus Festival Internasional Sepanjang 2023

6 Film Indonesia Tembus Festival Internasional Sepanjang 2023
Pevita Pearce dalam teaser perdana film Sri Asih. Foto: Dok. Screenplay Bumilangit

jpnn.com, JAKARTA - Industri film tanah air makin berkembang. Sepanjang 2023, banyak film dari sineas lokal yang berkualitas ikut serta dalam festival internasional.

Berikut rangkuman film Indonesia yang mendapat apresiasi di festival intermasional, mulai dari Jepang, Toronto, hingga Dubai.

1. Degayu: Against the Shore

Film dokumenter ini mencuri perhatian di antara ribuan kegiatan di COP28 UNFCCC, konferensi PBB untuk perubahan iklim yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab pada Desember 2023.

Selain di Paviliun Indonesia, Degayu juga ditonton dan didiskusikan di Monash Pavilion, Civil Society Hub, serta acara gabungan YOUNGO (konstituensi pemuda untuk UNFCCC), ICLEI, dan Care About Climate.

Film berdurasi 25 menit berbahasa Indonesia dengan subtitle bahasa Inggris itu berkisah tentang komunitas pesisir di kelurahan Degayu, Pekalongan, Jawa Tengah.

Film ini disutradarai oleh Ahsania AR Aghnetta berusia 23 tahun, yang ingin menghadirkan perspektif baru dalam menyampaikan krisis iklim, dan berharap para pembuat film dan aktivis seni menggunakan kreativitas mereka untuk menyuarakan penderitaan komunitas yang terlupakan.

2. "Budi Pekerti"

Film ini berhasil mendulang apresiasi dan respons positif dari audiens di Toronto International Film Festival (TIFF) 2023 karena cerita dan pesan yang disampaikan bertalian erat dengan kondisi global saat ini sekaligus kehidupan pribadi penonton di Toronto.

Film yang disutradarai oleh Wregas Bhanuteja, mengisahkan tentang sosok guru bimbingan konseling bernama Prani, diperankan oleh Sha Ine Febriyanti. Prani kemudian terkenal di jagat maya lantaran sebuah video berdurasi pendek yang lantas memunculkan banyak sentimen negatif dari warganet.

Berikut rangkuman 6 film Indonesia yang mendapat apresiasi di festival intermasional, mulai dari Jepang, Toronto, hingga Dubai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News