6 Jenis Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Polusi Udara Meningkat

6 Jenis Makanan Ini Cocok Dikonsumsi Saat Polusi Udara Meningkat
Polusi udara. Foto: Vision Times

jpnn.com - Makin meningkatnya polusi udara di Jakarta membuat warga mesti melindungi diri saat beraktivitas di luar ruangan. Tak cukup hanya dengan menggunakan masker, daya tahan tubuh juga harus diperkuat lewat asupan makanan yang dikonsumsi.

Polusi udara berasal dari berbagai sumber seperti asap pabrik, asap kendaraan, asap rokok, freon dari kulkas maupun AC, hingga asap yang dihasilkan dari pembakaran sampah.

Sumber-sumber itulah yang mengeluarkan beberapa partikel kimia berbahaya untuk tubuh, seperti karbon dioksida, karbon monoksida, sulfur dioksida, dan nitrogen oksida.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, M.Res, dari KlikDokter, zat-zat kimia inilah yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh dan meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh.

Jika hal ini terus terjadi dalam waktu yang lama dan sering, maka zat kimia tersebut akan menyebabkan kerusakan di berbagai sel dalam tubuh. Tak hanya itu, tapi juga menimbulkan berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, penyakit jantung, gangguan pernapasan, penyakit kulit, dan sebagainya.

Karena itu dr. Sara mengimbau agar pencegahan efek polusi udara tidak hanya dilakukan dari luar tubuh, tapi juga dari dalam tubuh agar radikal bebas bisa dilawan. Sehingga, Anda bisa terhindar dari banyak penyakit.

Makanan penangkal efek buruk polusi udara

Jenis makanan yang dipercaya bisa melawan efek buruk polusi udara adalah makanan yang mengandung antioksidan tinggi.

Tak cukup hanya dengan menggunakan masker, daya tahan tubuh juga harus diperkuat lewat asupan makanan yang dikonsumsi.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News