6 Kebiasaan ini Bisa Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua

6 Kebiasaan ini Bisa Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua
Menyentuh wajah. Foto: Prevention

jpnn.com - Rasanya, tidak ada seorang pun yang ingin mendapat julukan 'wajah boros' karena tandanya wajah Anda terlihat lebih tua dari usia asli.

Tak dapat dimungkiri, seiring dengan bertambahnya usia, kesehatan kulit Anda menurun. Mulai dari elastisitas kulit hingga kandungan kolagen yang menunjang kecantikan Anda.

Namun, Anda perlu tahu bahwa ada beberapa hal yang membuat label wajah boros menempel pada Anda lebih cepat! Simak beberapa kebiasaan yang membuat Anda memiliki wajah boros.

1. Stres Berlebihan

Urusan pekerjaan, percintaan, pertemanan, bahkan persoalan rumah tangga menjadi salah satu penyebab wajah Anda “boros” lebih cepat. Saat stres, tubuh melepaskan hormon kortisol yang dapat mengakibatkan kolagen pada wajah Anda berkurang drastis.

Kolagen pada wajah bertugas untuk menjaga kesehatan kulit Anda, terutama elastistas dan kecerahan kulit wajah. Jadi, temukan faktor-faktor yang membuat Anda stres dan atasi sesegera mungkin. Dengarkan musik atau meditasi untuk membantu Anda menenangkan diri.

2. Pola Makan yang Salah

Tidak hanya makanan seperti gorengan, daging merah, atau makanan cepat saji yang memicu penuaan dini. Minuman kekinian yang tinggi gula juga dapat menyebabkan wajah Anda terlihat lebih tua sebelum waktunya.

Pernah mendengar ada orang yang bilang wajahnya boros atau terlihat lebih tua dibanding usia sebenarnya? Yuk cek artikel berikut.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News