6 Kebiasaan Penting agar Terhindar dari Tuberkolosis

6 Kebiasaan Penting agar Terhindar dari Tuberkolosis
Ilustrasi penggunaan masker saat terserang batuk. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Data Global TB Report 2020 memperlihatkan penyakit tuberkolosis yang menyerang paru-paru, banyak terjadi di Indonesia dengan jumlah kasus mencapai lebih dari 560 ribu kasus.

Pada tahun 2030, Indonesia memiliki target untuk bebas dari Tuberkulosis.

Karena itu, gaya hidup sehat menjadi salah satu kebiasaan yang dapat dilakukan masyarakat Indonesia agar terhindar dari penyakit menular ini.

"Menjalani hidup sehat sangat penting dilakukan, apalagi di era pandemi saat ini, karena dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kita semua. Salah satu manfaat kebiasaan hidup sehat, yaitu meningkatkan kualitas kesehatan dan produktivitas diri," kata dr Asyahidatul Muchlisah Fitriana, Dokter Konsulen Medis Laboratorium Klinik Pramita dalam keterangan resminya, Jumat *26/3).

Dalam rangka memperingati Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret, 5 hal dapat dilakukan untuk menciptakan kebiasaan sehat menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

 

1. Melakukan aktivitas fisik

Meskipun di rumah saja, aktivitas fisik sebaiknya tetap dilakukan secara rutin agar dapat meningkatkan daya tahan dan sistem kekebalan tubuh.

Kementerian kesehatan menyebut lima kebiasaan penting yang dapat dilakukan agar terhindar dari tuberkolosis.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News