6 Langkah Ini agar Anda Bebas dari Jerawat

6 Langkah Ini agar Anda Bebas dari Jerawat
ilustrasi mengobati jerawat bandel.

jpnn.com - Bicara soal jerawat, umumnya cara yang terpikirkan untuk mencegah timbulnya jerawat adalah rajin mencuci muka. Sebab dengan melakukannya, minyak serta bakteri yang menempel pada wajah tidak akan menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Tapi, jika Anda ingin benar-benar terhindar dari jerawat, masih ada beberapa cara sederhana lain yang bisa Anda lakukan. Dan mungkin, Anda tidak menyangka bahwa cara ini bisa menjauhkan Anda dari masalah kulit yang membandel dan meninggalkan bekas tersebut.

Nah, adapun cara-cara yang dilansir dari Best Health Magazine dalam mencegah jerawatadalah sebagai berikut.

1.Hindari menyentuh wajah dengan tangan

Seorang pakar kulit dan kecantikan mengatakan bahwa sering menyentuh wajah dapat menyebabkan jerawat. Tanpa disadari, sering bersandar pada telapak tangan dapat menciptakan gesekan pada kulit, lalu menciptakan peradangan, dan dapat memindahkan kotoran serta minyak yang mungkin terperangkap di pori-pori Anda.

Jadi sebaiknya, hindari menopang pipi dengan tangan Anda, ya. Apalagi bila Anda belum mencuci tangan sebelumnya.

2. Mengganti sarung bantal secara rutin

Meski Anda sering mencuci wajah, jangan lupa juga untuk mengganti sarung bantal secara teratur. Jangan salah, sarung bantal juga dapat menyebabkan kulit berjerawat. Sebab, pada sarung bantal terdapat kotoran dan minyak yang menumpuk pada permukaan sarung tersebut.

Untuk perlindungan optimal, imbangi juga upaya Anda dengan mengonsumsi banyak sayur dan buah ketimbang makanan tinggi karbohidrat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News