Rabu, 26 September 2018 – 09:39 WIB

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan

Kamis, 13 September 2018 – 13:34 WIB
6 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan - JPNN.COM

jpnn.com - Jalan kaki sebagai salah satu bentuk aktivitas fisik membawa kebaikan untuk tubuh. Namun, sayangnya kebiasaan ini mulai jarang dilakukan.

Padahal, menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Kidney Diseases dan Duke University Medical Center, AS, berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari bisa mencegah sindrom metabolik, yaitu faktor risiko terjadap penyakit jantung, diabetes mellitus, stroke, dan darah tinggi.

Berikut manfaat berjalan kaki selama 30 menit :

1. Mengurangi risiko terkena kanker payudara sebesar 10-30 persen.

2. Membuat tidur lebih nyenyak karena tubuh akan terasa nyaman setelah digerakkan (tapi ingat, jangan dilakukan 2 jam sebelum tidur).

3. Membuat Anda lebih bahagia karena tubuh lebih banyak memproduksi endorfin, yaitu hormon yang membuat orang merasa bahagia.

4. Menurunkan berat badan sebanyak kurang lebih 11,3 kg dalam setahun.

5. Membuat otak tetap aktif dan mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

6. Mengurangi tulang keropos karena berjalan kaki menggunakan 95 persen otot tubuh, dan hal ini akan membuat tulang lebih kuat dalam menahan beban tubuh.

Meski sangat sederhana, ternyata manfaat dari berjalan kaki banyak sekali. Karena itu, mulai hari ini ada baiknya Anda lebih sering berjalan kaki. Selain terbukti bisa mencegah gagal jantung pada wanita lansia, berbagai manfaat jalan kaki lainnya bisa dirasakan segala usia. Fisik pun jadi lebih bugar.(RN/RVS/klikdokter)

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar