6 Penyakit Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Garam

6 Penyakit Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Garam
Ilustrasi logo garam. Foto: Antara

jpnn.com - Konsumsi garam sebagai bumbu dapur tidak bisa dilepaskan dari keseharian manusia. Pasalnya, berbagai makanan yang diolah dengan garam pada kadar tertentu terbukti lebih nikmat dan bikin ketagihan. Namun, Anda tetap perlu berhati-hati karena ada sejumlah penyakit yang bisa muncul akibat terlalu banyak konsumsi garam.

Menurut dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter garam dapat menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak cairan, sehingga membebani pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. “Kondisi ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, gangguan ginjal maupun penglihatan,” kata dr. Jesslyn.

Penyakit akibat kebanyakan makan garam
Garam memang bisa memberi rasa lebih nikmat pada makanan. Meski demikian garam tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menimbulkan masalah kesehatan serius. 

Beberapa penyakit yang terjadi jika Anda terlalu banyak makan garam, di antaranya:

1. Penurunan kognitif
Tahukah Anda bahwa garam dapat memengaruhi fungsi otak? Dalam sebuah studi pada 2018 yang dilakukan University of Colorado, para peneliti meneliti sebanyak 5.000 pria di atas usia 65 tahun. 

Peneliti menemukan bahwa pria yang memiliki kadar garam atau natrium dalam darah lebih banyak dari 30 persen sangat mungkin mengalami penurunan fungsi kognitif. 

2. Dehidrasi

Makanan dengan jumlah garam (natrium) yang tinggi bisa membuat Anda merasa sangat haus. Ini adalah tanda awal dari dehidrasi alias kekurangan cairan tubuh. 

Anda tetap perlu berhati-hati karena ada sejumlah penyakit yang bisa muncul akibat terlalu banyak konsumsi garam.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News