6 Pola Makan yang Tepat untuk Ginjal yang Sehat

6 Pola Makan yang Tepat untuk Ginjal yang Sehat
Ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com - Cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menerapkan pola makan yang tepat. Dalam arti, Anda harus benar-benar memperhatikan segala makanan maupun minuman yang dikonsumsi sehari-hari supaya kesehatan ginjal selalu terjaga. Pasalnya, pola makan yang buruk dan tidak terkelola dengan baik adalah salah satu faktor risiko penyakit ginjal kronis.

Hal itu dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dipimpin oleh Alex Chang, MD, MS dari Johns Hopkins University. Ia dan tim peneliti yang tergabung dalam studi tersebut menemukan bahwa orang-orang dengan fungsi ginjal normal yang kualitas asupan hariannya buruk lebih mungkin mengalami penyakit ginjal di kemudian hari.

"Tidak seperti riwayat keluarga, pola makan adalah faktor risiko penyakit ginjal kronis yang dapat dimodifikasi dan dikendalikan. Dengan memperbaiki pola makan dan mempertahankan berat badan tetap normal, orang-orang dapat melindungi ginjal mereka dan mencegah kerusakan di masa depan," tegas Dr. Chang, dikutip dari National Kidney Foundation.

Pola makan untuk ginjal sehat

Berdasarkan penjelasan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, pola makan yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengontrol jumlah protein, sodium, fosfor, dan potasium, tanpa mengabaikan kalori.

Secara lebih spesifik, berikut adalah pola makan untuk ginjal sehat yang bisa Anda jadikan sebagai panduan:

1. Kurangi sodium

Supaya kesehatan ginjal terus terjaga dengan baik, hindari konsumsi sodium secara berlebihan. Jumlah sodium harian yang direkomendasikan adalah 2.300 miligram atau sekitar satu sendok teh garam.

Dengan memperbaiki pola makan dan mempertahankan berat badan tetap normal, orang-orang dapat melindungi ginjal mereka dan mencegah kerusakan di masa depan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News