Konsumsi 8 Makanan Terbaik Ini untuk Kesehatan Ginjal Anda

Konsumsi 8 Makanan Terbaik Ini untuk Kesehatan Ginjal Anda
Ginjal. Foto: Ilustrasi Boldsky

jpnn.com - Ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran dari dalam darah dan mengirimnya ke kandung kemih untuk diubah menjadi urine (air kencing). Selain itu ginjal juga mengatur tekanan darah, mengatur penyerapan air, mengendalikan keasaman dalam tubuh, dan menyeimbangkan kadar elektrolit (kalium, fosfor, dan kalsium).

Karena fungsinya yang vital tersebut, mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal tentu bisa memperingan dan memudahkan pekerjaan ginjal. Apalagi bagi orang yang memang memiliki gangguan fungsi ginjal karena kondisi tertentu.

Jangan salah, makanan yang baik untuk ginjal itu tidak perlu yang mahal-mahal, kok. Makanan rumahan yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar pun bisa membantu Anda menjaga kesehatan ginjal. Simak daftar lengkapnya berikut ini, seperti dilansir laman Stylecraze, Selasa (12/3).

Baca juga: 5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Ginjal

1. Air

Air adalah ramuan ajaib. Air memiliki kekuatan untuk mengembalikan kesehatan Anda. Tapi jangan berlebihan. Jumlah air yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari adalah 8 gelas untuk wanita dan 13 gelas untuk pria. Yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memahami berapa gelas air yang harus Anda minum per hari, tergantung pada kondisi ginjal Anda dan aktivitas sehari-hari.

2. Kubis

Baca juga: Makanan Penyebab Asam Urat Bisa Picu Penyakit Ginjal?

Mengonsumsi makanan yang baik tentu bisa meringankan dan memudahkan pekerjaan ginjal dalam menyaring kotoran dalam tubuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News