6 Tahun Penjara untuk Eks Wapres

Ikut Demo Protes Hasil Pilpres Iran

6 Tahun Penjara untuk Eks Wapres
Foto : REUTERS
TEHERAN - Mantan Wakil Presiden Mohammad Ali Abtahi dijatuhi hukuman enam tahun penjara terkait keterlibatannya dalam protes terhadap hasil pemilihan presiden Iran 15 Juni lalu. Dalam persidangan sebelumnya yang digelar 1 Agustus lalu, Abtahi mengaku bersalah.

    

"Abtahi muncul di persidangan Sabtu (21/11) lalu dimana pengadilan menjatuhinya hukuman enam tahun penjara," ungkap Fatemeh Abtahi, anak perempuan Abtahi, kepada Ayandenews.com seperti dikutip AFP, Minggu (22/11).

    

Situs moderat konservatif Kaleme melaporkan sekutu dekat mantan presiden reformis Mohammad Khatami itu dinyatakan bersalah melakukan beberapa tindakan yang dianggap melawan negara. Diantaranya mengadakan perlawanan terhadap keamanan negara, melakukan propaganda, dan melawan rezim kepemimpinan yang ada.

Dia juga dianggap bersalah telah menghina presiden (Mahmoud Ahmadinejad) dan berpartispasi dalam demonstrasi ilegal, serta menyimpan beberapa dokumen penting. Pengadilan menggunakan beberapa bukti yang berasal dari website Abtahi untuk menyudutkan dirinya. Termasuk posting wawancara dirinya dengan wartawan BBC asal Persia.

    

TEHERAN - Mantan Wakil Presiden Mohammad Ali Abtahi dijatuhi hukuman enam tahun penjara terkait keterlibatannya dalam protes terhadap hasil pemilihan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News