Selasa, 16 Juli 2019 – 09:07 WIB

6 Wilayah Ini Bakal Dikembangkan jadi Kota Metropolitan

Senin, 13 Mei 2019 – 22:11 WIB
6 Wilayah Ini Bakal Dikembangkan jadi Kota Metropolitan - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan pemindahan ibu kota negara hanya salah satu dari sejumlah upaya pemerintah mengurangi kesenjangan antara Jawa dan luar Jawa.

Selain memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke wilayah luar Jawa, pemerintah juga telah merancang pengembangan sejumlah wilayah di seluruh tanah air menjadi kota metropolitan.

"Untuk mengurangi kesenjangan Jawa luar Jawa, kami juga akan kembangkan enam wilayah metropolitan enam tahun ke depan," ucap Bambang di Kantor Staf Presiden (KSP), Jakarta pada Senin (13/5).

Enam wilayah itu adalah Kota Medan, Palembang, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Denpasar. Dengan memgembangkannya jadi kawasan metropolitan, maka wilayah di sekitarnya bisa ikut berkembang.

"Itu untuk memecah kegiatan ekonomi di luar Jawa. Sebagai upaya untuk menyebarkan kegiatan ekonomi," jelas mantan menteri keuangan ini.

Di sisi lain, pemerintah terus mendorong pembangunan Kalimantan dengan menjadikannya pusat pemerintahan.

Sebab, wilayah tersebut salah satu pulau yang kegiatan ekonominya terpengaruh rendahnya komoditas dan ketergantungan terhadap sumber daya alam (SDA).

"Kita negara kesatuan. Kita ingin rentang kendali lebih efektif dan efisien. Agar ibu kota pemerintahan lebih ke tengah dan ibu kota ini hasil pemikiran bangsa Indonesia," tandasnya.(fat/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar