60 Persen Warga Masih Buang Hajat Sembarangan

60 Persen Warga Masih Buang Hajat Sembarangan
60 Persen Warga Masih Buang Hajat Sembarangan
TANGERANG-Perilaku tidak sehat masih ditunjukkan warga Kabupaten Tangerang. Pasalnya, sekitar 60 persen dari 3 juta penduduknya masih membuang hajat atau buang air besar sembarangan, seperti di kebun atau di sungai. Itu terungkap berdasarkan hasil survei Environmental Heads Risk Accesment (EHRA) sebuah NGO yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang.

”Berdasarkan hasil survei itu, 60 persen masyarakat Kabupaten Tangerang masih buang air besar sembarangan,” terang Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang Naniek Isnaeni.

Menurut Naniek juga, survei yang dilakukan selama 2011 lalu itu dengan cara membagikan kuisioner kepada ribuan responden dengan sejumlah pertanyaan. Survei ini dilakukan secara acak di 10 kecamatan dari 29 kecamatan di wilayah yang dipimpin Bupati Ismet Iskandar tersebut. ”Cukup mengejutkan juga setelah mengetahui hasil itu, “ ungkap Naniek juga. 

Adapun 10 kecamatan yang disurvey itu, kata Naniek juga, diantaranya Kecamatan Sepatan, Mauk, Balaraja dan Sepatan Timur. Dia mengaku hasil itu bisa jadi karena fasilitas Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) warga banyak yang belum memenuhi standar kesehatan. Selain itu, pola pikir dan tingkat pendidikan warga yang tinggal di 10 kecamatan itu juga mempengaruhi pola dan tingkah laku hidup tidak sehat tersebut.

TANGERANG-Perilaku tidak sehat masih ditunjukkan warga Kabupaten Tangerang. Pasalnya, sekitar 60 persen dari 3 juta penduduknya masih membuang hajat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News