61.743 WNI di Malaysia Balik ke Indonesia

61.743 WNI di Malaysia Balik ke Indonesia
Sebanyak 120 TKI asal Sumatera Utara gelombang ketiga yang dipulangkan dari Malaysia tiba di Pangkalan Udara Militer (Lanud) Soewondo, Medan, Jumat (10/4). Foto: ANTARA/Nur Aprilliana Br Sitorus

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang pulang dari Malaysia karena terdampak virus corona COVID-19 hingga 16 April 2020 tercatat sebanyak 61.743 orang.

Dari jumlah tersebut, sebagian besar WNI kembali ke Tanah Air melalui jalur laut yakni 45.165 WNI, sedangkan sisanya menggunakan jalur darat (9.181 WNI) dan jalur udara (7.397 WNI).

Data tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers yang diikuti secara virtual di Jakarta, Jumat (17/4).

Selain mendata kepulangan WNI, kata Menlu, pemerintah melalui perwakilan RI di Malaysia juga memberikan bantuan bahan pangan bagi kalangan WNI yang termasuk kelompok rentan.

Total 80.776 paket sembako telah dibagikan oleh perwakilan RI di Malaysia sementara sebanyak 40.447 paket sembako diberikan oleh organisasi masyarakat Indonesia di Negeri Jiran---sehingga total sembako yang telah didistribusikan sebanyak 121.223 paket.

“Perwakilan RI di Malaysia akan terus mendistribusikan bantuan sembako, yang targetnya adalah WNI yang rentan dan membutuhkan,” kata Menlu Retno.

Bantuan tersebut akan secara berkelanjutan disediakan pemerintah Indonesia bagi WNI yang terdampak kebijakan pembatasan pergerakan (movement control order/MCO) di Malaysia hingga 28 April mendatang, sesuai aturan pemerintah setempat. (antara/jpnn)

Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, para WNI itu pulang karena terdampak virus corona COVID-19.


Redaktur & Reporter : Fajar W Hermawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News