627 Guru Pensiun Tahun Ini, Jambi Krisis Guru PNS

627 Guru Pensiun Tahun Ini, Jambi Krisis Guru PNS
Erwan Malik. Foto: jambiekspres/jpg

jpnn.com, JAMBI - Moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Pemerintah Pusat menyebabkan sejumlah daerah akan mengalami kekurangan guru PNS, termasuk Provinsi Jambi.

Ditambah lagi gelombang pensiun yang terjadi dalam jumlah besar di 2017 hingga 2020 mendatang.

2017 ini saja jumlah guru SD, SMP dan SMA yang pensiun mencapai 627 orang.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Provinsi Jambi, Erwan Malik mengakui gelombang PNS untuk guru di Provinsi Jambi sangat besar. Penambahan tidak ada sejak beberapa tahun terakhir. Sementara Pemerintah Provinsi Jambi tidak mempunyai kewenangan untuk mengangkat Guru Tidak Tetap (GTT) untuk menjadi CPNS. Pengangkatan kewenangan Pemerintah Pusat.

“Kita hanya menunggu,” katanya, kemarin.

Dengan banyaknya jumlah guru PNS yang pensiun 2017 ini, Dia mengharapkan Pemerintah Pusat mengakomodir GTT untuk diangkat menjadi CPNS. “Kalau kita diminta untuk mengusulkan, kita minta GTT yang ada saja diangkat. Ini sebagai apresiasi pemerintah kepada mereka,” harapnya.

Untuk pengangkatan, jika disetuji, akan disesuaikan dengan lamanya waktu pengabdian yang dilakukan oleh GTT. “Harapan kita seperti itu,” akunya.

Ditambahkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi, Husairi, melalui Kabid Mutasi BKD Provinsi Jambi, Aman, pengajuan pensiun yang telah diproses oleh BKD Provinsi Jambi sebanyak 49 orang. “Itu sudah kita proses,” ujarnya. “Jumlah itu diketahui berdasarkan data pengajunan pensiun yang diterima BKD Provinsi Jambi hingga Oktober,” jelasnya.

2017 ini saja jumlah guru SD, SMP dan SMA yang pensiun di Provinis Jambi mencapai 627 orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News