628 Polisi Hingga Rantis Disiapkan Untuk Kawal Rekapitulasi Suara Pemilu di Jambi

628 Polisi Hingga Rantis Disiapkan Untuk Kawal Rekapitulasi Suara Pemilu di Jambi
Personel polisi saat berjaga di depan pintu masuk ruang rapat rekapitulas hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 oleh KPU Provinsi Jambi, Minggu (10/3/2024). (ANTARA/HO-Polresta Jambi)

jpnn.com, JAMBI - Polda Jambi mengerahkan 628 personel untuk mengamankan pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi yang berlangsung mulai Jumat hingga Minggu (10/3).

Kabag Ops Polresta Jambi Kompol Army Sevtiansyah mengatakan total terdapat 628 personel pengamanan dari Satgas Gabungan Operasi Mantap Brata dari Kepolisian Daerah Jambi.

"128 orang personel di antaranya dari Polresta Jambi sedangkan sebanyak 500 orang personel Polda Jambi," ujar dia dikutip dari Antara.

Dalam pengamanan tahap rekapitulasi perolehan suara tingkat Provinsi Jambi itu, petugas pengamanan dilengkapi dengan berbagai sarana pengamanan diantaranya ada yang dilengkapi dengan senjata, termasuk juga ada beberapa unit kendaraan taktis (rantis).

Kemudian di depan ruangan tempat berlangsungnya rapat pleno juga dijaga oleh aparat keamanan, proses rekapitulasi dilaporkannya berjalan kondusif.

Pada hari pertama, Jumat (8/3), KPU menyelesaikan proses rekapitulasi sebanyak satu kabupaten, yakni Kabupaten Merangin, di hari kedua menyelesaikan proses rekapitulasi sebanyak lima kabupaten, yakni Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, dan Kabupaten Kerinci, dan pada hari ketiga berlangsung proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara dari Kabupaten Tanjab Barat dilanjutkan dengan empat kabupaten lainnya.

Selain itu, polisi juga menurunkan anjing pelacak guna mendukung sterilisasi dan pengamanan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara.

Personel dengan satwa menyisir setiap sudut ruangan rapat pleno rekapitulasi suara tersebut.

Ratusan personel kepolisian hingga kendaraan taktis (rantis) disiapkan untuk mengamankan rekapitulasi suara pemilu di Jambi.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News