67 Persen Klub Liga 1 Gunakan Formasi 4-2-3-1

67 Persen Klub Liga 1 Gunakan Formasi 4-2-3-1
Workshop TSG Liga 1 2017 dengan 18 pelatih Klub Liga . Tampak Nilmaizar mencoba mengikuti diskusi di depan. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PT Liga Indonesia Baru, operator kompetisi menggelar Workshop Technical Study Group di Jakarta, Selasa (1/8) malam.

Dalam acara tersebut muncul sejumlah pertanyaan. Di antaranya seperti apa tren klub sepak bola di Indonesia dalam bermain?

Kemudian formasi seperti apa yang menjadi idola para pelatih dalam kompetisi Liga 1 2017?

Semua pertanyaan itu terjawab dalam workshop tersebut tadi malam. 

Dari 18 klub, memang tak semua pelatih hadir karena ada yang masih dalam tahap transisi pergantian pelatih karena mundur di penghujung putaran pertama, ada juga yang sedang acara keluarga, sehingga absen dan diwakilkan.

Namun demikian, terungkap bahwa tren klub-klub di sepak bola Indonesia, untuk saat ini rata-rata pelatih senang menggunakan formasi 4-2-3-1, kemudian sebagian lainnya 4-3-3, dan hanya satu pelatih yang menggunakan 4-4-2.

Untuk 4-4-2 itu bisa ditebak, karena itu menjadi andalan pelatih Nilmaizar selama ini, di klub Semen Padang.

"Saat ini, 4-2-3-1 menjadi dominan dengan presentase mencapai 67 persen. Sisanya di 4-3-3, karena hanya satu klub yang menggunakan 4-4-2," ungkap Danurwindo, Direktur teknik PSSI sekaligus menjadi instruktur dalam workshop tersebut.

PT Liga Indonesia Baru, operator kompetisi menggelar Workshop Technical Study Group di Jakarta, Selasa (1/8) malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News