JPNN.com

7 Cara Cegah Mabuk Perjalanan Darat Saat Mudik Lebaran

Senin, 03 Juni 2019 – 17:20 WIB 7 Cara Cegah Mabuk Perjalanan Darat Saat Mudik Lebaran - JPNN.com

jpnn.com - Mabuk perjalanan darat terjadi akibat konflik ketiga sistem pengatur keseimbangan tubuh, yakni sistem vestibular (di telinga dalam), sistem penglihatan, serta sistem perabaan dan otot (somatosensorik).

Misalnya, sistem penglihatan (mata) memperoleh informasi bahwa tubuh sedang diam. Sayangnya, sistem vestibular di telinga tetap merasakan bahwa tubuh bergerak. Konflik itulah yang dapat berujung pada mabuk perjalanan saat mudik.

Untuk mencegah mabuk darat dengan gejala pusing, mual, dan lain sebagainya, berikut ini ada tips yang bisa Anda terapkan:

1. Pilih tempat duduk di area depan

Jika Anda adalah orang yang mudah mabuk perjalanan, lebih baik pilih tempat duduk di bagian depan. Ini sebenarnya berlaku juga untuk Anda yang mudik dengan moda transportasi bus. Sebab, dengan duduk di depan, Anda mampu mengobservasi jalanan dari kaca depan.

Sistem visual akan memperoleh informasi seputar pergerakan lewat perubahan pemandangan, dan menyesuaikannya dengan stimulus sistem vestibular. Selain itu, dengan duduk di depan, Anda juga bisa sedikit memperkirakan pergerakan kendaraan sehingga tubuh tidak akan “kaget”.

2. Melihat pemandangan lewat kaca jendela

Jika tidak bisa mendapatkan kursi depan, dr. Atika menyarankan Anda untuk melihat pemandangan sekitar melalui kaca jendela sepanjang perjalanan.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...