7 Cara Sehat untuk Menenangkan Diri dari Stres

7 Cara Sehat untuk Menenangkan Diri dari Stres
Stres. Foto: Pixabay

jpnn.com - Setiap orang bergelut dengan masalahnya masing-masing. Beberapa orang mempunyai upaya tersendiri untuk dapat keluar, sementara sisanya merasa cemas dan tertekan. Memiliki strategi untuk membuat diri Anda tenang, setidaknya untuk beberapa saat, sangatlah penting.

Dilansir Healthline, berikut ini lima cara sehat untuk menenangkan diri Anda saat merasa stres:

1.Bernapas

Bernapas adalah teknik nomor satu dan paling efektif untuk meredakan kemarahan dan kecemasan dengan cepat. Saat merasa cemas atau marah, napas seseorang cenderung pendek dan tidak teratur. Mengambil napas yang panjang dan dalam akan mengendalikan respons stres “fight-or-flight” (bertempur-atau-lari) sehingga membuat Anda lebih tenang.

Ada berbagai teknik pernapasan untuk membantu Anda tenang. Salah satunya adalah dengan menarik napas dalam-dalam, kemudian mengembuskan sepenuhnya sambil memperhatikan reaksi tubuh.

2.Tantang pikiran Anda

Ketika sedang cemas atau marah, seseorang biasanya memiliki pikiran yang tidak masuk akal dan sering kali kian merusak stabilitas dirinya. Jika mengalami hal ini, segera tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apakah ini pikiran yang rasional?
Apakah ini pernah terjadi kepada saya sebelumnya?
Apa hal terburuk yang bisa terjadi? Bisakah saya mengatasinya?

Memiliki strategi untuk membuat diri Anda tenang, setidaknya untuk beberapa saat, sangatlah penting.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News