7 Hobi yang Bisa Menjauhkan Anda Dari Depresi

7 Hobi yang Bisa Menjauhkan Anda Dari Depresi
Olahraga lari. Foto: Health

jpnn.com - Depresi dan kecemasan adalah hal yang berbeda. Cemas itu sendiri adalah suatu bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak menyenangkan akibat kekacauan batin.

Sementara depresi adalah kondisi kronis di mana seseorang terus-menerus merasa sedih ataupun putus asa. Namun, biasanya orang yang sedang depresi akan mengalami rasa cemas berlebihan, seperti perasaan gelisah, mudah marah, sulit tidur dan susah fokus.

Perasaan cemas maupun depresi sama-sama sangat menguras energi, bahkan bisa membuat Anda kehilangan semangat untuk menjalani hidup.

Memang tidak mudah untuk menghilangkan rasa cemas, apalagi depresi. Tapi Anda tetap harus memutar otak untuk mencari cara mengatasinya agar perasaan negatif tersebut tidak semakin menjadi-jadi sehingga mengganggu aktivitas atau bahkan kesehatan Anda.

Nah, berikut ini ada beberapa hobi yang bisa mencegah kecemasan dan depresi, seperti dilansir laman Care2, Minggu (6/8).

1. Bermain video game

Gamer dan penulis Jane McGonigal menyebut game merupakan "lawan neurologis dari depresi" karena bermain game bisa mengaktifkan bagian otak yang biasanya tidak bisa diaktifkan saat Anda tengah mengalami depresi yang terkait dengan motivasi, pembelajaran dan orientasi tujuan.

Dan Anda tidak perlu menjadi gamer untuk mendapatkan keuntungan jika permainan yang panjang dan kompleks bukanlah game yang Anda kuasai, pikirkanlah permainan yang sederhana.

Depresi dan kecemasan adalah hal yang berbeda. Cemas itu sendiri adalah suatu bentuk emosi yang ditandai dengan perasaan tidak menyenangkan akibat

Sumber Care2.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News