7 Kiat Mudah Atasi Tenggorokan Gatal

7 Kiat Mudah Atasi Tenggorokan Gatal
Radang tenggorokan. Foto: Ilustrasi/kalerkantho

jpnn.com - Setiap orang pasti pernah mengalami sensasi gatal atau seperti rasa digelitik di tenggorokan. Tak jarang, tenggorokan gatal juga disertai dengan batuk kering. Batuk memang salah satu mekanisme tubuh untuk menyingkirkan lendir atau zat iritasi lain penyebab gatal. Namun sayangnya, batuk tidak selalu bisa menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. 

Penyebab radang tenggorokan

Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari Klikdokter, rasa kering di tenggorokan atau mulut dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya dehidrasi, penggunaan obat-obat tertentu, defisiensi vitamin.

“Bila disertai rasa gatal dan terdapat dahak yang keluar, dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, dan iritasi,” tutur dr. Alvin.

Adapun penyebab lainnya, seperti dikutip dari Medical News Today, adalah:

  • Post-nasal drip (ingus kental, dan terkadang ingus seperti mengalir di belakang hidung dan tenggorokan)
  • Sinusitis
  • Sakit tenggorokan
  • Asma
  • Iritasi lingkungan atau polusi
  • Asma
  • Dehidrasi

Selain itu, tenggorokan gatal juga bisa disebabkan oleh penyakit refluks gastroesofageal, atau dikenal sebagai GERD. Kondisi tersebut dapat menyebabkan batuk kronis dan menggelitik di tenggorokan.

BACA JUGA: Bagi Penderita Diabetes, Hindari Mengonsumsi 4 Buah ini

Pengobatan tenggorokan gatal
Kunci untuk mengatasi tenggorokan gatal adalah memahami penyebabnya sebelum menentukan pengobatan yang tepat. Berikut cara mengobati tenggorokan gatal:

Batuk memang salah satu mekanisme tubuh untuk menyingkirkan lendir atau zat iritasi lain penyebab gatal. Namun sayangnya, batuk tidak selalu bisa menghilangkan rasa gatal di tenggorokan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News