JPNN.com

7 Kiat Tetap Sehat Meski Stres Melanda

Selasa, 11 Desember 2018 – 04:04 WIB
7 Kiat Tetap Sehat Meski Stres Melanda - JPNN.com
Stres. Ilustrasi.

jpnn.com - Setiap orang pasti pernah mengalami stres, ada yang ringan dan berat, ada yang sebentar maupun menahun. Tapi sayang, banyak orang kurang mampu mengelola stresnya dengan baik. Hal ini sangat merugikan karena bisa memengaruhi kualitas hidup. Tapi tak perlu khawatir, karena ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat dan waras kala dilanda stres.

Dilansir Verywell Mind, berikut tujuh cara agar stres yang Anda alami tidak makin parah atau memperburuk keadaan:

1. Berhenti terus memikirkannya

Pertama-tama, hal yang harus Anda lakukan adalah menyadari emosi negatif tersebut, dan jangan sampai terjebak menjadi ruminasi (memikirkan kejadian yang membuat Anda stres secara berulang-ulang). Ketika Anda mengalami ruminasi, Anda akan lebih fokus terhadap apa yang salah ketimbang mencari solusi yang tepat. Ruminasi ini sangat umum dialami orang, dan seperti halnya kebiasaan buruk, bisa diubah.

2. Cukupi waktu tidur

Kurang tidur adalah salah satu faktor yang bisa membuat tingkat stres makin menjadi-jadi. Saat tidur Anda kurang, selain menjadi lebih reaktif terhadap stres, fungsi kognitif Anda juga menjadi tidak tajam. Akibatnya Anda akan menjadi sulit berkonsentrasi dan sering membuat kesalahan, dan hal ini bisa menyebabkan siklus kecemasan yang lain lagi. 

3. Hindari junk food

You are what you eat. Apa yang Anda makan dapat memengaruhi pikiran dan perasaan Anda. Sama seperti kurang tidur bisa membuat Anda lebih reaktif, mengonsumsi junk food juga demikian. Karena itu, sebisa mungkin makanlah makanan yang bergizi tinggi saat stres, betapapun lidah Anda menginginkan asupan yang manis dan berlemak seperti cokelat atau hamburger. 

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy