4 Kiat Agar Waktu Tidur Anda Tercukupi

4 Kiat Agar Waktu Tidur Anda Tercukupi
Tidur berkualitas. Foto: Pixabay

jpnn.com - Tentu Anda bisa dengan mudah mengatasi masalah kurang tidur dengan menerapkan pola tidur yang sehat. Mulailah dengan menghindari bermain gawai, mengonsumsi alkohol dan obat-obatan lainnya menjelang waktu tidur.

Dengan pola tidur teratur, maka tubuh dan pikiran Anda akan terasa lebih segar di esok harinya.

Seperti yang disarankan oleh dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA dari KlikDokter, menjaga pola tidur sangat penting demi siklus bioritmik tubuh. Dengan teraturnya siklus tersebut, tubuh akan terbiasa, sehingga bisa mengeluarkan hormon sesuai dengan aktivitas yang dilakukan.

Kemudian, untuk menyiasati insomnia atau sulit tidur, Anda juga bisa mencoba melakukan berbagai upaya yang disarankan oleh dr. Nadia Octavia ini kepada KlikDokter:

1. Hindari konsumsi kafein di sore hingga malam hari, serta berolahraga teratur dan tidak merokok.

2. Atur pola tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.

3. Buat suasana dan lingkungan tidur senyaman mungkin, misalnya dengan meredupkan lampu, mengenakan penutup mata, serta menghindari suara bising.

4. Buat tubuh serileks mungkin, misalnya dengan meditasi atau yoga sebelum tidur, atau bisa juga dengan berendam dan mandi air hangat untuk melemaskan otot.

Bila Anda memiliki waktu yang cukup untuk istirahat lalu tetap tak bisa tidur, mungkin hal itu menandakan Anda mengalami gangguan kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News