JPNN.com

7 Makanan ini Bikin Perut Kembung Saat Buka Puasa

Kamis, 09 Mei 2019 – 13:47 WIB 7 Makanan ini Bikin Perut Kembung Saat Buka Puasa - JPNN.com

jpnn.com - Wajar memang saat waktu buka puasa tiba, Anda langsung menyantap berbagai makanan. Akan tetapi, tetaplah cermat dalam memilih makanan untuk berbuka. Bila tidak, bisa-bisa Anda mengalami perut kembung.

Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, perut kembung – atau dalam istilah medis disebut meteorismus – merupakan kondisi terperangkapnya udara (gas) dalam rongga abdomen atau usus. Kondisi ini dapat dialami segala usia, mulai dari bayi hingga orang tua.

Perut kembung bisa menjadi keluhan tunggal, atau disertai gangguan lain seperti nyeri ulu hati, mual, muntah, rasa tidak nyaman di perut dan lain-lain.

Buka puasa aman dari perut kembung

Nah, Anda tentu tidak mau kan usai berbuka puasa malah kondisi perut justru tidak nyaman. Karena itu, sebaiknya Anda hindari beberapa makanan dan minuman di bawah ini saat buka puasa agar Anda tidak mengalami perut kembung.

1. Kubis-kubisan

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, beberapa orang sulit mencerna sayuran, khususnya sayur jenis kubis-kubisan, seperti kol, kembang kol, brokoli, dan kale. Pasalnya, sayuran tersebut mengandung raffinose atau sejenis gula yang sulit dicerna oleh lambung dan baru dapat dicerna saat mencapai usus besar.

Bila kebetulan menu berbuka puasa Anda adalah lalapan, sebisa mungkin  hindarilah konsumsi kol. Anda bisa mengambil olahan sayuran lain yang lebih ramah untuk perut.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...