JPNN.com

7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan

Jumat, 23 Agustus 2019 – 04:51 WIB 7 Manfaat Timun Bagi Kesehatan - JPNN.com

jpnn.com - Timun sering kali dihidangkan sebagai lalapan, acar, atau garnis pada sepiring nasi goreng atau nasi uduk. Faktanya, manfaat timun untuk kesehatan jauh lebih luas daripada hanya sebagai penghias hidangan.

Sering dikira sayur, timun sebetulnya adalah buah. Timun memiliki banyak nutrisi yang bermanfaat, begitu juga senyawa dan antioksidan yang dapat membantu mengobati, bahkan mencegah beberapa kondisi kesehatan.

Doyan timun, ini dia manfaat sehatnya
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti Universitas Jadavpur, Kolkata, India, timun cukup rendah kalori dan memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, timun juga mengandung banyak air dan serat larut. Itu mengapa timun banyak dipilih untuk meningkatkan hidrasi dan menurunkan berat badan.

Berikut adalah manfaat yang bisa Anda dapat jika rutin mengonsumsi timun:

1. Hidrasi
Rata-rata orang dewasa butuh sekitar 2 liter (8 gelas) air setiap hari. Seperempatnya biasanya bersumber dari makanan. Nah, timun adalah sumber yang baik karena kandungan airnya yang tinggi, yaitu 95 persen!

Sebagaimana diketahui, sel tubuh butuh air untuk bekerja dengan baik. Tanpanya, Anda bisa pusing dan sakit. Pada kasus berat, kurang cairan bisa sebabkan dehidrasi yang harus mendapatkan perawatan medis.

Efek hidrasi ini juga bisa dirasakan kulit. “Timun direkomendasikan bagi pemilik kulit berminyak karena memiliki kekuatan untuk menghidrasi kulit dengan efek mendinginkan,” kata dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter.

3. Nutrisi
Timun rendah kalori, tetapi kandungan vitamin dan mineral pentingnya tinggi. Timun mentah seberat 300 gram yang tidak dikupas mengandung:

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...