7 Tawaran PSI kepada Perempuan Indonesia

7 Tawaran PSI kepada Perempuan Indonesia
Ketua Umum PSI Grace Natalie saat menyampaikan pidato politik bertemakan “Keadilan untuk Semua, Keadilan untuk Perempuan Indonesia” di Acara Festival 11 PSI. Foto: Ist

jpnn.com, SURABAYA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menawarkan tujuh poin kepada kaum perempuan jika lolos parlemen. PSI menilai, kamu perempuan belum manerima keadilan sehingga derajatnya harus setara dengan laki-laki.

"Jika kelak lolos di parlemen, kami akan melakukan tujuan langkah di parlemen demi kesetaraan dan keadilan perempuan Indonesia," kata Ketua Umum PSI Grace Natalie saat menyampaikan pidato politik bertemakan “Keadilan untuk Perempuan" di Surabaya, Selasa (12/11).

Pertama, kata Grace, PSI akan memperjuangkan diberlakukannya larangan poligami bagi pejabat publik di eksekutif, legislatif, dan yudikatif, serta ASN. PSI, kata dia akan memperjuangkan revisi atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974, yang mengizinkan poligami.

"Kedua, PSI akan memperjuangkan agar Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual yang sudah dua tahun mandek di DPR disahkan menjadi sebuah payung hukum untuk melindungi dan memberikan bantuan ketika perempuan menjadi korban kekerasan," kata dia.

Langkah ketiga, PSI akan mendukung kenaikan batas usia pernikahan menjadi 18 tahun. Hal ini dilakukan agar tak ada lagi perempuan putus sekolah atau kuliah karena menikah.

"Kami sadar, pendidikan yang rendah akan membuat perempuan sulit mendapat pekerjaan dan rentan jatuh ke jurang kemiskinan," ungkap dia.

Keempat, Grace ingin mendorong aturan yang memudahkan perempuan untuk bekerja, dengan mengalokasikan anggaran negara untuk perempuan. Selain itu, kata dia, perlu ada opsi pemberlakuan jam kerja fleksibel sesuai kebutuhan perempuan.

Kelima, Grace ingin menyelenggarakan kursus dan menyiapkan inkubator bisnis kecil menengah untuk para ibu di setiap kabupaten, agar skill mereka meningkat, dan kemudian mengintegrasikan potensi mereka ke e-commerce. Langkah keenam, PSI akan mendorong ibu dan anak yang sehat karena ibu dan anak yang sehat adalah fondasi penting bagi masa depan.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menawarkan tujuh poin kepada kaum perempuan jika lolos parlemen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News