JPNN.com

70% Pelanggan Pakai Kondom

Kamis, 21 Januari 2010 – 09:24 WIB 70% Pelanggan Pakai Kondom - JPNN.com
MALANG - Kesadaran para Pekerja Seks Komersial (PSK) Malang Jawa Timur tentang penanggulangan bahaya HIV/AIDS patut dicontoh PSK di daerah lain. Pasalnya, dengan berbagai cara para PSK di kota berhawa sejuk ini selalu mengarahkan para pelanggannya untuk mengenakan kondom.

Dan uniknya, cara yang paling manjur adalah membuat para pelanggan khawatir, hanya dengan mengatakan "Kalau tidak pakai kondom, nanti kena Perda lo." Maklum, di Kabupaten Malang memang ada Perda 14/2008 tentang Penanggulangan HIV/AIDS.

Dalam perda 14/2008, ada sanksi tipiring bagi pelanggan yang ketahuan tidak menggunakan kondom. Bukan besarnya denda yang ditakutkan pelanggan. Melainkan ekspos ke masyarakat bila tertangkap petugas tidak mengenakan kondom.

Perda ini ternyata cukup efektif. Menurut survei Pemkab Malang dan LSM Paramitra, kini 70 persen pelanggan PSK sudah mengenakan kondom. Kesadaran itu meningkat dibanding 2008 lalu yang hanya mencapai 50 persen. Di Kabupaten Malang, ada 323 orang PSK yang terlokalisasi. Jumlah pelanggan minimal mencapai 1.000 orang per bulannya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...