JPNN.com

8 Kiat Menjaga Kesehatan agar tak Mudah Sakit

Rabu, 13 Maret 2019 – 04:44 WIB 8 Kiat Menjaga Kesehatan agar tak Mudah Sakit - JPNN.com

jpnn.com - Memasuki musim pancaroba seperti saat ini, Anda mungkin akan lebih mudah sakit. Oleh sebab itu, lakukan upaya menjaga kesehatan agar tetap dapat beraktivitas seperti biasa. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim kemarau pada 2019 akan dimulai pada awal April.

Artinya, pada saat ini sedang terjadi pancaroba atau peralihan musim yang ditandai dengan angin kencang, debu yang bertebaran, hujan yang tak menentu, hingga cuaca yang tiba-tiba terik. Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, cuaca seperti inilah yang akan membuat Anda lebih mudah jatuh sakit.

"Musim pancaroba identik dengan musim sakit karena adanya perubahan tekanan, komposisi, serta suhu udara. Suhu udara yang secara cepat menjadi lembap atau dingin membuat perkembangan virus dan bakteri juga lebih cepat," ujarnya.

Tak perlu cemas. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti berikut ini agar tak mudah sakit di musim pancaroba seperti sekarang ini:

1. Makan sayuran hijau
Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin yang membantu Anda mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tikus, makan sayuran hijau dapat mengirim sinyal kimia ke tubuh yang diperlukan untuk fungsi sistem kekebalan tubuh yang efisien.

2. Istirahat yang cukup
Dijelaskan oleh dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, tidur berkualitas dalam durasi cukup sangat penting untuk menjaga performa tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan tidur dalam sehari, keseimbangan hormonal dan sistem imunitas tubuh akan senantiasa terjaga.

“Tidur cukup juga amat membantu Anda dalam memperbaiki sel-sel tubuh. Jadi sebaiknya, tidurlah selama 6–8 jam dalam sehari," ujarnya.

3. Aktif bergerak
Tetap aktif dengan olahraga teratur seperti berjalan kaki tiga kali seminggu selama 30 menit bisa membantu mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres serta melepas hormon yang berkaitan dengan stres, dan mempercepat sirkulasi sel darah putih yang melawan penyakit. Sehingga, tubuh pun dapat melawan berbagai penyakit, termasuk flu yang kerap menyerang di musim pancaroba.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...