JPNN.com

8 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil

Rabu, 29 Mei 2019 – 07:21 WIB 8 Manfaat Bayam untuk Ibu Hamil - JPNN.com

jpnn.com - Wanita mengandung membutuhkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu asupan bernutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi ibu hamil adalah bayam. Jadi jangan remehkan sayuran ini karena manfaat bayam untuk ibu hamil amat besar.

Seperti dijelaskan dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, bayam adalah bahan makanan yang murah, mudah didapat, praktis diolah menjadi menu masakan, serta kaya akan nutrisi. Sebagian besar berat bayam terdiri dari air. Selain itu, bayam juga mengandung karbohidrat, protein, dan serat.

“Bayam juga mengandung sangat sedikit lemak, sehingga dapat diabaikan jumlahnya. Selain itu, kandungan kalori yang terdapat dalam bayam sangat sedikit, yakni 23 kalori dalam 100 gram,” ujar dr. Karin.

Meski begitu, bayam kaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, asam folat (vitamin B9) yang bermanfaat untuk pertumbuhan sel dan jaringan.

“Bayam juga mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan, menjaga kesehatan kulit, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta vitamin K yang membantu proses pembekuan darah,” dr. Karin menjelaskan.

Mineral penting yang terkandung dalam bayam antara lain adalah zat besi yang membantu pembentukan sel darah merah untuk mengantarkan oksigen dan makanan ke sel-sel tubuh, kalsium untuk pertumbuhan tulang serta gigi, dan magnesium yang menjaga kesehatan otot rangka, otot jantung, sistem saraf, serta sistem kekebalan tubuh.

Manfaat bayam bagi ibu hamil
Dengan berbagai komponen nutrisi seperti yang disebutkan di atas, sangat tepat jika bayam menjadi salah satu makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, bayam juga memiliki sejumlah faedah lainnya, seperti:

1. Sumber asam folat untuk tumbuh kembang janin
Asam folat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi di dalam rahim. Asam folat juga berkontribusi pada perkembangan tulang belakang dan kognitif, serta mencegah keguguran. Anda juga meningkatkan produksi sel darah merah dan mencegah kondisi seperti anemia karena kandungan zat besi bayam yang kaya.

2. Meningkatkan mood

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...